Sabtu, 19 Juli 2014

Cerpen 5

Karya : Dea Kartikowati

Sayang Mama

       Shinta adalah anak yang baik dan ramah kepada siapa pun. Di sekolah dia pun menjadi anak yang teladan. Semua guru sangat bangga kepada Shinta, karena Shinta sering mengharumkan sekolah lewat prestasi-prestasinya. Tapi semenjak papanya meninggal karena kecelakaan sifatnya berubah 180°. Shinta menjadi anak yang jahat, jutek, dan pendiam. Prestasi di sekolahnya pun menjadi turun. Lebih parahnya Shinta sangat membenci mamanya. Karena dia mengira mamanya adalah penyebab papanya meninggal. Lala adalah sahabat Shinta dari kecil. Hanya Lala satu-satunya orang yang tidak dibenci Shinta. Dan seperti biasa Lala menghampiri Shinta di rumahnya untuk mengajak berangkat sekolah bersama.
"tok..tok..tok.." terdengar suara ketukan pintu di rumah Shinta. Beberapa saat kemudian munculah seorang wanita paruh baya dengan paras sangat cantik.
"Lala.. mau cari Shinta ya.."sapa mama Shinta dengan ramah
"iya tante.. Shintanya ada tante?" tanya Lala
"sebentar ya.. Shinta... Shinta.. nih Lala udah dateng sayang.."teriak mama Shinta
Dengan wajah kesal Shinta pun menghampiri mamanya.
"ngapain sih ma.. pagi-pagi udah teriak-teriak.. berisik tau gak.. emangnya aku budek apa?!" ucap Shinta dengan nada tinggi
"iya maaf sayang.. kamu sarapan dulu ya sayang.. mama udah masakin nasi goreng kesukaan kamu sayang.."ucap mama Shinta
"jangan harap aku mau makan masakan mama.. mama makan aja sana sendiri!" bentak Shinta lalu mlengos pergi
"tante yang sabar ya.."ucap Lala
"iya La... oh iya seperti biasa ya kasih bekal ini ke Shinta.. tapi jangan bilang ini dari tante ya
.."ucap mama Shinta sambil menyodorkan kotak makanan pada Lala
"iya tante tenang aja.. yaudah aku berangkat ya tante.."ucap Lala lalu mencium tangan mama Shinta
"makasih banyak ya Lala.. hati-hati di jalan..."ucap mama Shinta
Ketika di sekolah Lala pun langsung memberi bekal titipan mama Shinta.
"nih buat loe.. dari nyokap gue.."ucap Lala berbohong
"wah.. kebetulan gue lagi laper banget. bilangin ke nyokap loe ya.. thanks banget.. loh kok loe gak makan?"tanya Shinta
"gue tadi udah makan kok.."ucap Lala
       Hari ini di sekolah Shinta kedatangan murid baru. Namanya Rama, dia pindahan dari Bandung. Bisa dibilang Rama adalah anak yang pandai. Meskipun dia anak baru dia mampu mengejar ketinggalan dengan sangat cepat. Hingga suatu saat Rama dipanggil oleh Bu Widya (guru matematika) ke ruang guru.
"maaf bu.. saya salah apa ya? kenapa saya dipanggil?" tanya Rama
"begini Rama bulan depan kan ada olimpiade matematika tingkat provinsi, ibu bingung siapa yang akan mewakili sekolah kita.."ucap bu Widya
"loh bukannya saya yang akan mewakili sekolah.."ucap Rama
"iya memang benar kamu.. tapi yang jadi masalahnya pesertanya itu harus 2 orang.. dan ibu belum menemukan peserta satu lagi.."ucap bu Widya
"aduh terus gimana bu.. oh iya bukannya sekolah ini pernah menjuarai olimpiade matematika tingkat nasional ya bu.. ?" tanya Rama
"iya kamu benar Rama.. itu karena Shinta.."ucap bu Widya
"kalo gitu kenapa gak dia aja yang jadi pesertanya.."ucap Rama
"dulu Shinta memang anak yang pintar dan banyak mengukir prestasi. Tapi sekarang dia berubah dia berubah menjadi anak yang pendiam dan pemarah. Dan prestasinya menurun drastis. Saya pun juga tidak tahu penyebabnya apa.."ucap bu Widya
"oh jadi gitu.. yaudah bu saya akan coba mencari peserta satu lagi bu.. kalo gitu saya permisi dulu ya bu.."ucap Rama
"iya Rama.. silahkan.."ucap bu Widya
Rama pun segera mencari Shinta. Setelah berkeliling sekolah akhirnya Rama menemukan Shinta sedang duduk melamun di bangku taman sekolah.
"ngelamun sendirian itu gak baik tau.. hati-hati ntar loe kesambet lagi.."ucap Rama mengagetkan Shinta
"siapa sih loe ngagetin gue aja.. gak usah sok tau deh jadi orang.."ucap Shinta dengan jutek
"kenalin gue Rama.. dan loe gak mungkin kenal gue.. karena gue anak baru.. baru sebulan gue sekolah disini.. dan gue tau loe Shinta kan.. anak yang pinter, baik, ramah dan berprestasi tapi itu dulu.. gak tau kenapa sekarang loe berubah drastis jadi anak yang pendiem dan pemarah.."ucap Rama
"sok tau banget sih loe jadi orang... loe itu gak tau apa-apa soal gue.. jadi stop ngjudge gue.. daripada loe ngurusin gue mendingan loe urusin diri loe sendiri.. dan satu lagi.. siapa juga yang mau kenal sama loe.. "ucap Shinta lalu pergi dengan muka kesal.
Saat pulang sekolah Rama pun mengikuti Shinta dan Lala pulang.
"loe kenapa sih Shin..cemberut aja daritadi..?"tanya Lala
"loe tau gak cowok yang namanya Rama?"tanya Shinta
"Rama yang anak baru yang pinternya kayak Albert Enstein itu?"tanya Lala
"iya tuh bener.. loe tau gak.. tadi dia tuh tiba-tiba nyamperin gue trus ngejudge gue seenaknya... siapa yang gak sebel coba.."ucap Shinta
"hah?! dia nyamperin loe.. aneh banget.. jangan-jangan dia suka lagi sama loe.."ucap Lala
"suka sama gue?! ngarang loe.."ucap Shinta
"yaudah Shin gue duluan ya.."ucap Lala saat tiba di rumahnya
Shinta pun melanjutkan perjalanannya karena rumahnya masih agak jauh. Ketika berjalan Shinta merasa ada seseorang yang mengikutinya. Tapi saat dia menoleh ke belakang tidak ada siapa-siapa. Shinta langsung melanjutkan perjalanannya. Tiba-tiba dari arah belakang pundak Shinta disentuh oleh seseorang. Dengan spontan Shinta langsung membalikan badan lau menghajar orang itu.
"udah..udah Shin...ini gue Rama..."ucap Rama menghentikan tindakan Shinta
"ah loe... gue pikir loe orang jahat yaudah gue tampol aja deh.."ucap Shinta
"tapi sakit tau... "ucap Rama
"ya itu salah loe sendiri.. lagian ngapain sih loe ngikutin gue.. kurang kerjaan dasar.."ucap Shinta
"gue cuma mau ngajak loe ikut olimpiade matematika tingkat provinsi.. soalnya pesertanya itu harus dua orang.. dan pesertanya satu lagi itu gue maunya loe.."ucap Rama
"loe salah dateng ke gue.. mendingan loe cari orang lain aja.. sorry gue gak bisa.."ucap Shinta
"loe itu gak mau.. bukan gak bisa... sampe kapan sih loe mau jadi pengecut?"tanya Rama
"tarik ya kata-kata loe itu.. gue bukan pengecut.."ucap Shinta"
"yaudah gini aja deh... kalo loe bukan pengecut..gue mau nantangin loe.."ucap Rama
"nantangin apaan??"tanya
"terserah loe.. asalkan kalo gue yang menang loe harus ikut olimpiade itu...tapi kalo loe yang menang gue gak bakal ganggu loe lagi.. gimana?"tanya Rama
"oke.. siapa takut... gue tunggu loe besok di lapangan pulang sekolah.."ucap Shinta lalu pergi
       Pulang sekolah pun tiba. Seluruh anak pun berkumpul di lapangan. Termasuk Rama dan Shinta.
"oke.. apa tantangan loe buat gue?" tanys Rama
"gue mau loe adu karate sama gue.."ucap Shinta mengejutkan seluruh anak. Shinta memang sangat ahli dalam bidang karate apalagi dia sudah mengenakan sabuk hitam. Shinta pun telah menjuarai beberapa turnamen nasional.
"oke.. gue terima tantangan loe.."ucap Rama dengan lantang
"yakin loe?? loe masih punya waktu kok buat mundur.. daripada loe nanti kalah trus malu.."ucap Shinta meremehkan
"oh iya.. kita liat aja nanti.."ucap Rama
Dan pertandingan pun di mulai. 1jam pun telah berlalu. Akhirnya yang memenangkan pertandingan karate tersebut adalah Rama. Dan seluruh anak pun merasa heran. Kenapa Rama bisa menang mengalahkan Shinta. Dengan bangga Rama menghampiri Shinta tapi bukan untuk mengejek melainkan membantu Shinta berdiri dan memapahnya ke ruang UKS.
"gue masih gak percaya... kok loe bisa menang.."ucap Shinta bingung setelah tiba di UKS
"apa loe pikir semua orang pinter itu cupu dan gak bisa berantem.. loe salah kalo loe mikir kayak gitu.."ucap Rama sambil mengobati Shinta
"udah selesei gue ngobatin loe.. yaudah gue pulang.."ucap Rama
"Ram.. kayaknya gue gak bisa ikut olimpiade itu.. gue takut sekolah kita kalah.. karna gue bukan Shinta yang dulu..yang pinter dan banyak prestasi.."ucap Shinta
"loe itu masih Shinta yang dulu kok.. dan gue yakin loe bisa.. dan gue akan ngebantuin loe untuk jadi Shinta yang dulu.."ucap Rama lalu pergi
Sejak saat itu Rama dan Shinta menjadi sangat dekat. Setiap hari Rama mengajari Shinta untuk persiapan olimpiade. Dan akhirnya mereka menjuarai olimpiade matematika tingkat provinsi. Ketika Shinta selesei menerima piala dan hadiah, mama Shinta pun datang menghampri Shinta lalu tiba-tiba memeluk Shinta.
"mama bangga sama kamu Shinta.."ucap mama Shinta sambil memeluk Shinta
"ih.. apa-apaan sih? siapa yang suruh kamu dateng kesini? pakek peluk-peluk segala lagi..jijik tau gak.."ucap Shinta sambil melepaskan pelukan mamanya dengan kasar.
"Shinta ini bukannya nyokap loe ya?! kenapa loe bentak-bentak dia?"ucap Rama
"dia bukan nyokap gue..! dan dia gak pantes jadi nyokap gue..!"ucap Shinta lalu pergi. Tiba-tiba saat Shinta ingin menyebrang jalan sebuah mobil menabraknya. Dengan cepat Shinta dilarikan ke rumah sakit terdekat. Setelah dokter selesai menangani Shinta dokter pun keluar dari ruang UGD dan menghampiri mama Shinta yang sedari tadi tak henti-hentinya menangis.
"gimana dokter keadaan anak saya? dia baik-baik aja kan?"tanya mama Shinta panik
"anak ibu kehilangan banyak darah dan butuh transfusi darah secepatnya.."ucap dokter
"ambil darah saya dok.. dan selamatkan anak saya dok.. saya gak mau kehilangan anak saya dok.." ucap mama Shinta memohon
"baik bu.. mari ikut saya.."ucap dokter
Mama Shinta pun mengikuti dokter. Setelah selesai donor darah mama Shinta pun pergi ke Musola rumah sakit untuk solat dan berdoa.
"ya allah, hamba mohon ya allah.. sembuhkanlah anak hamba ya allah.. jangan engkau ambil dia dariku ya allah.. dia masih terlalu muda.. sebaiknya engkau ambil nyawaku saja.. aku ikhlas ya allah.. "ucap mama Shinta dalam doanya dan tanpa sengaja Lala mendengar doa mama Shinta dan membuatnya menangis.
Beberapa hari kemudian Shinta pun sadar dari koma.
"dimana aku?"tanya Shinta
"kamu di rumah sakit sayang.. "ucap mama Shinta
"ngapain kamu disini.. pergi dari sini.. aku gak mau liat muka kamu..!"ucap Shinta marah
"iya sayang mama pergi... tapi kamu jangan marah-marah dulu.. kamu baru sadar dari koma.."ucap mama Shinta lalu pergi keluar.
Saat mama Shinta sedang menangis di depan kamar Shinta tiba-tiba Rama dan Lala datang.
"tante kenapa nangis?"tanya Lala
"eh Lala.. Rama.. kalian mau jenguk Shinta ya.. masuk aja.. kebetulan Shinta sudah sadar dari koma.."ucap mama Shinta
"iya tante.. loh tante gak masuk?"tanya Rama
"tante mau keluar dulu cari makanan buat Shinta.."ucap mama Shinta
"yaudah tante kita masuk ya.."ucap Lala
Lala dan Rama pun masuk ke ruangan Shinta.
"loe kenapa Shin.. kok bete gitu?"tanya Lala
"biasalah .."ucap Shinta
"nyokap loe?"tanya Rama
"dia bukan nyokap gue! stop bilang dia nyokap gue.. nyokap gue itu udah mati semnjak bokap gue mati.. gara-gara dia bokap gue mati.. dan sampai kapan pun gue bakalan tetep ngebenci dia.."ucap Shinta
"cukup Shin.. cukup.. udah cukup loe maki-maki nyokap loe..!"ucap Lala
"kenapa La... tumben banget loe ngebela dia.."ucap Shinta
"loe itu gak pantes maki-maki dia kayak gitu.. biar bagaimanapun dia itu tetep nyokap loe.. ibu yang melahirkan loe.. oke kalo dia dulu pernah salah.. dan lagi pula bokap loe meninggal bukan karna nyokap loe.. itu murni kecelakaan Shin.. selama ini gue diem loe maki-maki dia depan gue.. tapi kali ini loe kelewatan.. nyokap loe itu sayang banget sama loe... dia rela donorin darahnya buat loe supaya loe bisa tetep hidup bahkan dia berdoa supaya allah ngambil nyawa dia dan bukan nyawa loe.. dan dia juga yang bikinin sarapan pagi buat loe dan dititipin ke gue biar loe gak sakit.. loe harusnya sadar itu Shinta.. "ucap Lala
"Lala bener Shin.. sebenarnya gue itu udah lama kenal sama keluarga loe.. nyokap loe minta gue supaya bangkitin semangat belajar loe lagi.. dan sampe-sampe gue pindah sekolah di sekolahan loe.. dan pura-pura gak kenal sama loe.. makanya gara-gara ada olimpiade itu gue tau caranya kembaliin loe kayak dulu lagi.."ucap Rama
"cukup..cukup.. jangan diterusin.."ucap Shinta lalu melepas selang infus di tangannya dan pergi keluar.
"Shinta.. loe mau kemana?"tanya Lala tapi Shinta tidak menghiraukan
"ayo Ram.. kejar Shinta.."ajak Lala
Setelah Shinta tiba di jalan raya depan rumah sakit Shinta melihat mamanya di seberang jalan.
"mama..."panggil Shinta
Mama Shinta pun mendengar suara Shinta dan bergegas menyebrang jalan. Saat mama Shinta berada di tengah jalan tiba-tiba sebuah mobil menabrak mama Shinta.
"mamamaaaaa..."teriak Shinta lalu berlari menghampiri mamanya yang sudah berlumuran darah.
"mama.. maafin Shinta ma.. Shinta udah durhaka sama mama.."ucap Shinta menangis
"kamu gak salah.. mama yang salah.. mama minta maaf karna gak bisa ngebahagiain kamu.. dan kamu bukan anak durhaka sayang.. kamu tetap anak yang baik.. mama sayang banget sama kamu.."ucap mama Shinta
"Shinta juga sayang banget sama mama.. mama bertahan ya.. biar Shinta cari bantuan.."ucap Shinta
"gak usah sayang.. mama udah gak kuat.. maafin mama ya Shinta.."ucap mama Shinta lalu menghembuskan nafas terakhir
"mamaaaaaa... jangan tinggalin Shinta ma.. Shinta sayang sama mama"teriak Shinta hiteris
"udah Shin.. nyokap loe udah gak ada.."ucap Lala
"gak La.. nyokap gue masih hidup.. ma.. bangun ma.. jangan tinggalin Shinta.."ucap Shinta
"iya Shin.. loe harus ikhlasin nyokap loe..biar nyokap loe tenang disana.."ucap Rama
Beberapa bulan kemudian Shinta sudah merelakan kepergian mamanya. Dan kini dia menjalani hidup seorang diri dengan rasa penyesalan. Shinta sangat menyesal menyia-nyiakan mamanya yang begitu baik. Peristiwa tersebut membuat Shinta berubah menjadi Shinta yang dulu, yang baik, ramah, dan tudak pernah marah-marah. Dan prestasi Shinta pun kembali. Dan kini dia hanya punya Lala dan Rama dihidupnya, yaitu sahabat Shinta yang sangat menyayangi Shinta. Shinta tidak akan lagi menyia-menyiakan orang-orang yang menyanginya.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar