Jumat, 25 Juli 2014

Cerpen 8

Karya : Dea Kartikowati

Sahabat Kecilku

"mau sampai kapan loe baca surat itu terus..?”tanya Rina sahabatku yang mendapatiku sedang membaca sebuah surat dari sahabat kecilku 10 tahun yang lalu.
"Rina.. ngagetin gue aja loe..”ucapku sebel “mau loe baca 100 kali pun surat itu gak bakal buat dia muncul di depan loe..”ucap Rina
“trus gue harus gimana, Rin..? padahal gue udah ngirim surat ke Miko tiap hari.. tapi gak ada satupun surat gue yang dibales.. kayaknya Miko udah lupa deh sama gue.. dan kenapa gue gak bisa ngelupain dia..?”tanyaku bingung
"itu karena loe masih cinta sama dia..”ucap Rina
“cinta? Masak iya gue cinta sama sahabat gue sendiri..lagipula dia kan cuma cinta masa kecil gue..”ucapku heran
“kalau loe gak cinta sama dia kenapa loe masih ngirimin dia surat? Dan kenapa loe masih nyimpen kenang-kenangan dari dia.. Dan satu lagi kenapa loe gak bisa ngelupain dia?”tanya Rina membuatku bingung
Sejenak aku terdiam mencari jawaban dari semua pertanyaan Rina. Dan hati memunculkan satu jawaban yaitu “Cinta”.
"tau ah gelap.. pertanyaan loe malah buat gue pusing tau gak..”ucapku sebel
“tanpa loe jawab pun gue udah tau kok jawabannya.. gue cuma mau bilang sama loe, kalau loe emang cinta sama dia.. harusnya loe kejar cinta loe.. jangan cuma diem disini.. besok gue mau ke Jakarta soalnya gue mau kuliah disana.. kalo loe mau ikut dan ngejar cinta loe.. gue tunggu loe besok pagi di stasiun..”ucap Rina lalu pergi meninggalkan kamarku.
Setelah Rina pergi, aku hanya bisa diam seribu bahasa. Aku begitu bingung apa yang harus aku lakukan. Tetap diam disini atau mengikuti saran Rina mengejar cintaku. 2 hal tersulit yang harus aku putuskan malam ini. Waktu terus berjalan, akupun masih bingung apa yang harus aku putuskan. Akhirnya aku pun tertidur.
(Keesokan harinya)
“kring..kring..kring..kring..”jam wekker ku berbunyi menunjukkan pukul 7 tepat.
Aku pun langsung beranjak dari ranjangku dan bersiap-siap untuk pergi ke stasiun. Kebetulan di rumahku hanya ada pembantu saja. Mama dan papaku masih dinas di luar kota.
“bi..bi…bibi..”pangilku
“iya non..”jawab bibi
“kalau papa sama mama nanyain aku.. bilang aja aku ke Jakarta daftar kuliah ya bi..”ucapku lalu pergi
“iya non..”ucap bibi
Setelah aku keluar dari gerbang rumah aku pun menghentikan taksi yang lewat di depan rumah.
Dengan membawa koper kecil pun aku menaiki taksi tersebut.
Beberapa menit kemudian akupun tiba distasiun. Setelah membayar taksi aku pun segera memasuki stasiun. Mataku pun langsun menuju ke segala arah. Mencari-cari dimana Rina. Tapi Rina tak terlihat sedikit pun. Aku pun langsung menuju loket.
“maaf mbak saya mau tanya.. kereta jurusan bandung Jakarta udah berangkat apa belum ya mbak?”tanyaku
“sudah satu jam yang lalu mbak”ucap petugas loket.
“apa? Yaudah deh mbak.. makasih..”ucapku dengan nada rendah
Aku pun langsung terduduk lemas dikursi tunggu penumpang. Dan matakupun sudah berkaca-kaca. Timbul penyesalan yang amat dalam dihati. Tiba-tiba tangan seseorang menyentuh bahuku.
Dengan spontan aku pun menengok ke belakang.
“Rina…”ucapku terkejut sekaligus senang melihat Rina ada di depanku.
“udah gue duga loe pasti dateng.. keputusan yang loe ambil bener tau gak..”ucap Rina
“gue kira loe udah berangkat tau gak.. padahal tadi gue udah putus asa tau gak..”ucapku
“yaudah yuk.. keretanya udah mau berangkat..”ucap Rina sambil menggandeng tanganku.
Aku dan Rina pun masuk kedalam kereta dan mencari tempat duduk. Beberapa saat kemudian kereta pun berangkat.
Beberapa jam kemudian aku dan Rina tiba di Jakarta. Lalu kami langsung mencari sebuah kos-kosan putri yang dekat dengan kampus kami. Setelah mendapat kos-kosan yang sesuai dengan keinginan kami. Kami pun istirahat sejenak sambil bekenalan dengan penghuni kos-kosan yang lain.
(keesokan harinya)
“Vee..Vee..bangun..udah siang tau gak.. hari ini kan hari pertama kita kuliah..”ucap Rina membangunkanku.
“emangnya udah jam berapa sih?”tanyaku setengah sadar
“udah jam 7..”ucap Rina
“apa?! Kok loe gak bangunin gue dari tadi sih..”ucapku lalu bangkit dari ranjang.
Setelah siap-siap aku dan Rina pun berangkat ke kampus dengan berjalan kaki. Setelah tiba di kampus kami pun langsung masuk ke dalam kelas. Kebetulan aku dan Rina mengambil jurusan yang sama. Selesai kuliah aku dan Rina pergi menuju kantin. Ketika melewati koridor tiba-tiba aku ditabrak oleh seorang cowok. Minuman cowok tersebut pun menumpahi bajuku. Tetapi cowok itu langsung pergi tanpa meminta maaf. Tanpa pikir panjang aku langsung menghampirinya.
“dasar cowok gak punya sopan santun..!”bentakku
“eh.. siapa sih loe.. tiba-tiba marah-marah gak jelas..?!”tanya cowok itu
“gue cewek yang loe tabrak tadi tau gak.. loe gak liat nih baju gue basah..!”ucapku dengan nada tinggi
“ya terus?? Emangnya masalah buat gue?”ucap cowok itu
“ya minta maaf lah..”ucapku
“males banget gue minta maaf sama loe..gak level tau gak..”ucap cowok itu
“Mike…”panggil seorang perempuan
“hai..”ucap Mike si cowok nyebelin itu
“ada apa sih ribut-ribut..?”tanya cewek itu
“gak ada apa-apa.. udah yuk cabut aja..males disini ada cewek resek tau gak..”ucap Mike lalu pergi meninggalkan aku
“udah yuk Vee.. kita ke kantin aja..ngapain sih ngeladenin cowok gak jelas itu.”ucap Rina lalu menggandeng tanganku menuju kantin
Sesampai dikantin aku masih memikirnya Mike si cowok nyebelin tadi. Aku merasa sudah mengenal Mike sejak lama. Sorotan mata Mike seperti sorotan mata seseorang yang ku kenal. Tapi siapa dia. Aku pun belum tau.
“woi.. bengong aja.. mikirin apaan sih?”tanya Rina
“Miko Rin..”ucapku
“Oh..yaudah yuk.. Vee..”ucap Rina
“kemana?”tanyaku
“ya nyari Miko lah.. loe tau kan alamat Miko di Jakarta?!”ucap Rina
“tau kok..yuk Rin..”ucapku
Kami pun segera mencari alamat Miko. Setelah alamatnya ketemu kami pun langsung memencet bel rumah tersebut. Beberapa saat kemudian muncullah seorang perempuan paruh baya membuka pintu.
“maaf mau cari siapa ya dek?”tanya ibu itu
“Mikonya ada bu?”tanyaku
“maaf dek.. Mikonya sudah lama pindah..”ucap ibu itu
“kalau boleh tau pindah kemana ya bu?”tanya Rina
“saya kurang tau tuh dek Miko pindah kemana.”ucap ibu itu
“oh yaudah bu..makasih ya..”ucapku
“iya dek.. sama-sama..”ucap ibu itu lalu masuk ke dalam rumah
“kita harus cari Miko kemana lagi Rin..gue cuma punya alamat ini doang..kayaknya Miko emang bukan takdir gue deh Rin..”ucapku putus asa
“jangan nyerah gitu dong Vee..semangat..gue yakin suatu saat loe pasti bisa nemuin Miko.. besok kita cari lagi ya..”ucap Rina
Beberapa minggu kemudian. Aku pun belum menemui Miko.  Setiap hari aku mengelilingi kota Jakarta untuk mencari Miko. Tapi tidak ada hasilnya. Aku pun tetap menjalankan rutinitas kuliah. Meskipun aku tidak betah berada di kampus karena ada si cowok nyebelin Mike dengan gayanya yang sok cool. Hingga pada suatu hari saat aku terburu-buru masuk kelas aku pun bertabrakan dengan Mike lagi. Tapi kali ini aku yang salah. Aku yang menabraknya. Tanpa minta maaf aku berlari meninggalkan Mike.
“aduh..”ucap Mike
“kalo jalan tuh pake mata. Dasar cewek aneh..”gerutu Mike
“apaan nih?”tanya Mike menemukan sebuah foto dan lihatnya foto itu
“loh inikan foto gue waktu masih kecil sama Vee sahabat kecil gue.. punya siapa nih?”tanya Mike bingung
“jangan..jangan.. cewek aneh itu Vee.. gak ah.. gak mungkin.. masa dia Vee? Gue harus nyamperin dia nih..”ucap Mike lalu pergi menghampiriku yang sedang berada di dalam kelas.
Ketika mata kuliah selesai aku masih sendiri di dalam kelas. Aku sibuk mencari sesuatu yang hilang.
“duh dimana ya fotonya..? itukan foto gue sama Miko satunya-satunya.. kalo sampe hilang gue gak bakal bisa nemuin Miko lagi..”ucapku panic
“loe nyari apa?”tanya Mike yang tiba-tiba datang menghampiriku
“loe?! Bukan urusan loe tau.!!”bentakku
“loe nyari ini bukan?”tanya Mike dengan menyodorkan sebuah foto
“itu dia yang gue cari..sini..ternyata loe yang ngambil..”ucapku lalu merebut foto itu dari tangan Mike
“loe tuh nyebelin banget ya.. bukannya bilang terima kasih malah nuduh gue..tau gitu mending gue buang aja tuh foto..”ucap Mike
“lagian kok foto gue bisa sama loe.. gue kira loe yang ngambil..”ucapku
“tadi tuh pas loe nabrak gue foto loe jatoh.. ya langsung gue ambil deh..”ucap Mike
“oh gitu.. yaudah deh makasih kalo gitu..”ucapku
“emangnya penting ya foto jelek kayak gitu..?”tanya Mike
“mungkin bagi loe itu gak penting.. tapi ini tuh berharga banget buat gue.. soalnya ini foto sahabat kecil gue namanya Miko sekaligus cinta pertama gue.. kita pisah udah 10 tahun.. dan sekarang gue lagi nyariin dia.. gue harap sih gue bisa ketemu lagi sama dia..”
Sejenak Mike pun tertegun mendengar ceritaku.
“ternyata Vee masih nganggep gue sahabatnya.. padahal dulu gue udah jahat ninggalin dia.. ternyata Vee juga masih cinta sama gue..”ucap Mike dalam hati
“kok loe malah bengong sih..”ucapku
“gak kok gapapa.. gue cuma terharu aja.. sahabat loe pasti beruntung punya sahabat setia kayak loe..”ucap Mike
“gak salah loe muji gue.. gue kira loe tuh sombong dan egois..”ucapku menyindir
“ya gak lah.. loe aja yang mikir gue kayak gitu.. ternyata loe juga gak senyebelin yang gue kira..”ucap Mike
Setelah insiden itu aku dan Mike pun menjadi akrab. dan bisa dibilang aku dan Mike sekarang sahabat. Hingga pada suatu hari Mike mengajakku ke rumahnya. Dan aku terkejut ketika aku memandang sebuah foto di ruang tamu. Foto yang sangat aku kenal. Foto seorang anak laki-laki kecil sedang bermain sepeda di halaman.
“Miko?”ucapku terkejut dan mengenal foto anak kecil itu.
“ini Vee minumnya..”ucap Mike yang tiba-tiba datang membawa minuman
“kenapa kamu gak pernah bilang kalo kamu Miko?”tanyaku to the point sambil menunjukkan foto ditanganku
“gue cuma..”ucap Mike tersendat
“cuma apa? Cuma mau bohongin gue.. atau Cuma mau mainin gue doang..dasar pembohong!”ucapku marah lalu melangkah pergi dengan berlinangan air mata
“Vee tunggu…”ucap Mike memegang tanganku lalu tiba-tiba memelukku
“gue cuma gak mau loe marah sama gue.. karna gue gak mau kehilangan loe..gue gak mau mau kehilangan cinta pertama gue lagi.. gue sayang sama loe dari dulu sampe sekarang..”ucap Mike membuat terkejut
“kalo loe emang sayang sama gue.. kenapa loe pergi ninggalin gue..”tanyaku
“waktu itu gue terpaksa ninggalin loe.. karna bokap pindah kerja di Jakarta..”ucap Mike melepas pelukkannya
“kenapa loe gak pernah berusaha nyari gue atau ngirim surat ke gue?”tanyaku
“alamat rumah loe hilang.. surat pertama yang loe kirm hilang di sekolah makanya gue gak pernah ngirimin loe surat lagi..”ucap Mike
“gue kira loe udah lupa sama gue.. gue hampir putus asa tau gak nyariin loe..loe beneran cinta sama gue?”tanyaku
“seriuslah Vee.. kalo gak kenapa gue masih nunggu loe sampe sekarang.. selama ini gue gak pernah punya pacar tau gak.. gimana Vee.. loe mau terima gue jadi pacar loe..?”tanya Mike
“gimana ya..?”ucapku dengan nada mengejek
“aku udah tau kok jawabannya apa.. kamu pasti terima aku..mana mungkin kamu nolak cinta cowok seganteng dan sebaik aku”ucap Mike
“ih.. sok tau dasar..gimana ya..iya deh.. aku terima..”ucapku menerima cinta Mike
“makasih ya udah mau terima aku.. aku janji gak akan ninggalin kamu lagi..”ucap Mike

#tamat#









Tidak ada komentar:

Posting Komentar